7 Tips Agar Tak Malas Sholat Tahajud

Your Daily Story |
Tips Agar Tak Malas Sholat Tahajud - Sholat tahajud merupakan sholat malam yang dikerjakan pada waktu 3/4 malam. Sholat tahajud memiliki aneka macam manfaat , salah satunya yakni doa orang yang melaksanakan sholat tahajud akan dikabulkan oleh Tuhan SWT. 

Nah sekarang ini kita sudah memasuki 10 hari terakhir di bulan ramadhan , di 10 hari terakhir di bulan ramadhan ini kita dianjurkan untuk memperbanyak alaman ibadah , salah satunya sholat tahajud. Hal ini dikarenakan selain pahalanya yang banyak , salah satu dari 10 malam terakhir terdapat malam seribu bulan yakni malam lailatul qodar.

Namun untuk bisa mengerjakan sholat tahajud bukanlah perkara yang mudah , hal ini dikarenakan sholat tahajud harus dilakukan pada waktu disaat kita tertidur nyenyak. Tentu rasa ngantuk dan malas menjadi gendala yang paling utama. Namun anda tak perlu khawatir , kami akan menunjukkan beberapa tips biar anda tidak malas dalam mengerjakan sholat tahajud. Berikut tips biar tak malas sholat tahajud.
7 Tips Agar Tak Malas Sholat Tahajud
Tips Agar Tak Malas Sholat Tahajud

1. Yakin bahwa anda akan bangun

Tips pertama yakni niat dan yakin bahwa anda akan berdiri di tengah malam untuk mengerjakan sholat tahajud. Tanpa adanya niat dan dogma tersebut , tentu sholat tahajud akan terasa sangat berat untuk anda kerjakan.

2. Pasang alarm

Nah biar anda bisa berdiri sempurna waktu , anda bisa menggunakan alarm untuk membantu biar berdiri sempurna waktu. Anda bisa memasang alarm pada jam 3 pagi atau 3 malam , sebab pada jam tersebut merupakan waktu terbaik untuk mengerjakan sholat tahajud.

3. Tidur lebih awal

Agar anda tak terasa berat ketika harus berdiri jam 3 pagi , baiknya anda tidur lebih awal. Usahakan anda untuk tidak tidur lebih dari jam 10 malam. Tidur lebih awal akan membuat anda lebih mudah untuk berdiri dan bersemangat dalam mengerjakan sholat tahajud.

4. Jangan makan terlalu kenyang sebelum tidur

Seperti yang telah kita ketahui , makan yang terlalu kenyang tidak baik , selain tidak baik untuk kesehatan juga akan membuat tubuhmengantuk. Hal ini pula yang akan membuat seseorang malas untuk berdiri pagi dan mengerjakan sholat tahajud.

5. Minum air putih sebelum tidur

Minum air putih sebelum tidur dipercaya bisa membuat tubuh tetap segar meskipun dalam keadaan tidur. Hal ini tentuakan sangat baik sekali bagi anda untuk berdiri tengah malam untuk mengerjakan sholat tahajud. Dengan tubuh yang segar , anda aka bersemangat dalam mengerjakan sholat tahajud.

6. Besuci sebelum tidur

Usahakan untuk bersuci atau berwudhu terlebih dulu sebelum tidur. Dengan bersuci sebelum tidur akan membuat anda terbebas dari godaan setan sehingga anda dapat mengerjakan sholat tahajud dengan semangat.

7. Tidur miring kekakan

Tidur dengan posisi miring kekanan ini akan mempermudah anda untuk berdiri disepertiga malam , hal ini juga merupakan sunah Rasul. Tidur dengan posisi miring kanan akan membuat anda terjaga dengan baik.

Demikianlah isu perihal 7 Tips Agar Tak Malas Sholat Tahajud. Lakukan tips diatas biar anda tak malas mengerjakan sholat tahajud. Semoga isu diatas bermanfaat. Terimakasih.

Artikel Your Daily Story Lainnya :

Scroll to top