5 Tips Ajarkan Anak Kelola Uang Angpao Lebaran

Your Daily Story |
Tips Ajarkan Anak Kelola Uang Angpao Idulfitri - Momen lebaran merupakan moment yang paling membahagiakan bagi semua umat islam tak terkecuali bagi anak-anak. Ya dimoment lebaran ini belum dewasa tidak hanya mampu menikmati banyak sekali hidangan lezat menyerupai opor ayam , rendang , banyak sekali jenis kudapan manis dan bertemu dengan sanak saudara , belum dewasa juga akan menerima salam tempel atau angpao dari sanak saudara dan juga kerabat , tak heran kalau anak memiliki banyak uang ketika lebaran.

Nah sebagai orang bau tanah anda wajib ajarkan anak dalam mengelola uang angpao tersebut biar uang tersebut tidak habis untuk hal-hal yang tak bermanfaat. Selain itu hal ini juga merupakan waktu yang paling sempurna bagi orang bau tanah untuk mengajarkan sang anak wacana mengelola uang dengan baik. Memberikan pelajaran ini juga akan mengajarkan anak  wacana sikap tanggung jawab. Nah berikut 5 hal yang harus orang bau tanah ajarkan kepada anak wacana cara mengelola uang angpao lebaran.
5 Tips Ajarkan Anak Kelola Uang Angpao Lebaran
Tips Ajarkan Anak Kelola Uang Angpao Lebaran

1. Ajarkan anak untuk menyimpan uangnya sendiri

Cara pertama ialah anda harus mengajarkan anak untuk menyimpan uangnya sendiri. Beri iman kepada anak untuk menyimpan uang yang didapatkannya tersebut , Dengan demikian anak akan memiliki tanggung jawab langsung , selain itu anak juga akan mengerti pentingnya mengendalikan diri sendiri.

2. Bantu anak untuk membelanjakan uang tersebut

Jika anak ingin membelanjakan uang tersebut , anda sebagai orang bau tanah wajib membantu anak untuk membelanjakan uang tersebut biar barang yang dibeli dapat bermanfaat dan tidak mubadhir. Beri pemahaman kepada anak , bahwa tidak semua barang dapat dibeli oleh uang yang didapatkan sang anak. Selain itu anda juga ajarkan batasan-batasan dalam membelanjakan uang biar si anak tidak boros.

3. Sisihkan sebagian uang untuk ditabung

Dari uang yangb didapatkan anak , ajarkan anak untuk menyisihkannya sebagai tabungan masa depan. Dengan demikian , anak akan memahami konsep menabung dan tidak menjadi anak yang boros. Anak juga akan mencar ilmu dalam memprioritaskan dalam hidupnya.

4. Ajarkan untuk beramal

Selain diajarkan untuk menabung , anda juga wajib mengajarkan anak untuk beramal. Tanamkan jiwa sosial pada anak semenjak dini dengan mengajarkan saling banyak sekali kepada sesama. Dari sini anak akan mencar ilmu bersimpati dan peduli kepada sesama.

5. Ajarkan anak untuk berwirausaha

Anda juga mampu mendidik anak biar mampu bangun diatas kaki sendiri dengan cara mengajarkan anak berwirausaha kecil-kecilan menyerupai jualan kudapan manis , jualan mainan atau lain sebagainya. Dengan demikian , anak akan menjadi mampu bangun diatas kaki sendiri dan mengerti cara mengatur keuangan. Namun hal tersebut harus tetap dalam pengawasan orang tua.

Demikianlah berita wacana 5 Tips Ajarkan Anak Kelola Uang Angpao Lebaran. Jangan hingga uang angpao anak menjadi mubadhir alasannya membeli barang-barang yang tak bermanfaat. Terimakasih.

Artikel Your Daily Story Lainnya :

Scroll to top