10 Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes

Your Daily Story |

10terbaik.com - Diabetes merupakan penyakit yang cukup berbahaya , Indonesia sendiri menempati peringkat ke-empat dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di Asia dan nomor-7 di dunia. Bagi Anda penderita diabetes tidak perlu berkecil hati , ada banyak cara untuk melawan penyakit ini , salah satunya dengan makanan.


Berikut ini 10 Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes :

Dark chocolate
Cokelat kaya akan flavonoid , dan penelitian menunjukkan bahwa nutrisi ini mengurangi resistensi insulin , meningkatkan sensitivitas insulin , menurunkan kadar insulin dan gula darah. Flavonoid dalam cokelat ini juga telah terbukti menurunkan risiko stroke , tekanan darah , dan mengurangi risiko serangan jantung.

Brokoli
Brokoli merupakan superhero anti-diabetes. Seperti sayuran cruciferous lainnya , menyerupai kale dan kembang kol , sayuran ini mengandung senyawa yang disebut sulforaphane , yang memicu beberapa proses anti-inflamasi yang meningkatkan kontrol gula darah dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan jantung yang merupakan konsekuensi dari diabetes. (Penyakit jantung ialah penyebab utama final hidup bagi penderita diabetes , sehingga sumbangan ini mampu menjadi penyelamat.) Sulforaphane juga membantu menyalakan mekanisme detoksifikasi alami badan , membujuk enzim untuk mengubah materi kimia penyebab kanker berbahaya menjadi bentuk yang lebih mudah dilepaskan tubuh.

Bluberi
Blueberry benar-benar mengandung serat larut yang memperlambat pengosongan perut Anda , dan meningkatkan kontrol gula darah. Dalam sebuah studi oleh USDA , orang yang mengkonsumsi 2 1/2 cangkir jus blueberry per hari selama 12 ahad terbukti menurunkan kadar glukosa darah mereka , mengangkat depresi , dan meningkatkan ingatan mereka.

Minyak zaitun
Setelah diet gaya Mediterania yang kaya dalam minyak zaitun membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebanyak 50 persen dibandingkan dengan diet rendah lemak , menurut sebuah studi gres di Spanyol. Secara independen , peneliti di Technical University of Munich (TUM) dan University of Vienna menemukan bahwa minyak zaitun meningkatkan rasa kenyang jikalau dibandingkan dengan lemak babi ataupun mentega. Selain menjadi sumber menonjol dari lemak tak jenuh , minyak zaitun juga kaya akan nutrisi antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan , dan mencegah perkembangan penyakit jantung

Bayam
Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang telah terbukti mencegah risiko diabetes; sawi merupakan pilihan lainnya. Orang yang mengkonsumsi lebih dari satu porsi sehari bayam dan sayuran hijau lainnya memangkas risiko diabetes sebesar 14 persen , dibandingkan dengan orang yang makan kurang dari 1/2 porsi setiap hari , berdasarkan satu penelitian di Inggris. Sayuran hijau ini sangat kaya akan vitamin K , bersama dengan beberapa mineral termasuk magnesium , folat , fosfor dan kalium. Bayam juga merupakan sumber yang baik dari pabrik kimia lutein dan zeaxanthin , dan banyak sekali flavonoid. Meskipun secara teknis bayam merupakan sumber yang kaya kalsium , nutrisi lain dalam bayam yang disebut asam oksalat mencegah banyak kalsium diserap , tetapi Anda dapat merebus bayam (didihkan selama satu menit) untuk mengurangi materi kimia ini.

Ubi jalar
Salah satu analisis menemukan bahwa ubi jalar mengurangi langkah-langkah HbA1c antara 0 ,30 dan 0 ,57 persen dan glukosa darah sebesar 10 hingga 15 poin. Ubi jalar juga mengandung anthocyanin , yaitu pigmen alami yang menawarkan ubi jalar warna oranye yang mendalam dan antioksidan yang diyakini memiliki anti-inflamasi , antivirus , dan kualitas antimikroba.

Kayu manis
Beberapa studi menunjukkan bahwa rempah-rempah ini selain lezat juga dapat membantu mengurangi gula darah. Satu , yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care , mencatat bagaimana orang-orang penderita diabetes 2 yang telah mengambil satu atau lebih gram kayu manis setiap hari telah terbukti menurunkan gula darah mereka sebesar 30 persen , dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi kayu manis. Kayu manis juga mengurangi trigliserida , kolesterol LDL , dan kolesterol total dengan lebih dari 25 persen. 

Kunyit
Kunyit membantu untuk mengelola dampak besar lengan berkuasa terhadap gula darah. Kurkumin , materi aktif dalam kunyit , ialah senyawa yang diyakini mengatur metabolisme lemak dalam tubuh. Curcumin bekerja pribadi pada sel-sel lemak , sel-sel pankreas , sel-sel ginjal , dan sel-sel otot , meredakan peradangan dan memblokir acara jahat penyebab kanker tumor necrosis factor dan interleukin-6. Para jago percaya bahwa agresi gabungan dari semua faktor ini bahu-membahu menawarkan curcumin kekuatan untuk membalikkan resistensi insulin , gula darah tinggi dan kolesterol tinggi , dan gejala lain yang terkait dengan obesitas.

Artikel Your Daily Story Lainnya :

Scroll to top